Rahasia Di Balik Kandungan Gizi Susu Kental Manis

Beberapa waktu lalu Indonesia dihebohkan masalah susu kental manis. Selama ini, susu kental manis memang dianggap sebagai produk olahan susu karena namanya pun demikian. Iklan susu kental manis juga kebanyakan menyoroti bahwa produk ini bisa memberikan tambahan kalsium dan vitamin untuk anak-anak di masa pertumbuhan. Namun surat edaran yang dikeluarkan oleh BPOM yang menyebutkan bahwa susu kental manis sebenarnya bukanlah jenis susu, menimbulkan banyak kehebohan.

Produsen susu kental manis sendiri sebenarnya sudah mencantumkan kandungan apa saja yang terdapat di dalam produk. Namun memang jarang sekali orang yang membacanya dengan seksama dan lebih memilih percaya pada apa yang terdapat di iklan. BPOM sendiri mengeluarkan edaran tersebut untuk mencegah masyarakat menggantikan kebutuhan gizi ASI atau susu formula dengan susu kental manis yang jelas kandungannya berbeda.

Dalam susu kental manis sendiri, memang ada beberapa kandungan gizi susu kental manis seperti mineral dan vitamin, tapi yang lebih dominan adalah kandungan gula. Dalam 100 gram susu kental manis, terdapat air sebanyak 25 gram, energi sebesarĀ  343 gram, protein 8,2 gram, lemak sekitar 10 gram, karbohidrat mencapai 55 gram, kalsium 275 mg, zat besi 0,2 mg, dan juga yang terakhir ada sedikit kandungan vitamin C 1 mg. Dari sini Anda tentu bisa melihat bahwa sedikit sekali kandungan gizi yang berperan penting untuk pertumbuhan anak. Itulah mengapa susu kental manis sangat tidak disarankan dijadikan pengganti ASI maupun susu formula.

Meski demikian, BPOM juga menampik anggapan yang menyebutkan bahwa susu kental manis tidak boleh dikonsumsi. Asumsi ini terutama banyak muncul di kalangan pengguna media sosial seperti Instagram yang menilai bahwa susu kental manis berbahaya. Lebih tepatnya, susu kental manis bukan berbahaya namun kandungan susu kental manis ini tidak seimbang. Jadi pada dasarnya anak-anak maupun orang dewasa tetap bisa mengonsumsi susu kental manis namun dalam porsi terbatas dan bukan untuk menggantikan susu asli. Anda bisa menyantapnya sebagai pengganti selai pada roti misalnya, atau untuk pemanis ketika membuat salad buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *