Ayo Tanamkan 7 Kebiasaan Makan Sehat Ini pada Anak

Kebiasaan makan sehat memang sangat diperlukan karena akan membantu menjaga kesehatan anak sampai dewasa nanti. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menanamkannya sejak dini. Memang sih menerapkan pola makan sehat pada si kecil bukanlah hal yang mudah. apalagi biasanya si kecil masih susah sekali makanya. Paling hanya pada beberapa jenis makanan tertentu saja yang disukai si kecil. Dan terkadang, yang disukai bukanlah yang baik untuk kesehatanya.

Tapi jangan khawatir ya bunda karena pada kesempatan kali ini kita akan ngebahas mengenai hal tersebut. Langsung saja ayo tanamkan 7 kebiasaan makan sehat ini pada anak.

  1. Perlakukan anak dengan baik

Yang pertama adalah perlakukan anak dengan baik. Maksudnya jangan hancurkan kesenangan masa kanak-kanak mereka, perlakukan mereka sewajarnya seorang anak pada umumnya. Kita memang perlu menerapkann pola makan sehat kepada anak, tapi tak ada salahnya kok jika sesekali memberikannya permen ataupun coklat.

  1. Jangan paksa anak

Jangan pernah sekali-kali memaksa anak untuk makan lebih banyak dari apa yang mereka mau ya. Cukup berikan dukungan dan didikan yang baik sehingga anak bisa memutuskan kapan dan berapa banyak dia akan makan. Dengan begitu mereka akan dengan senang hati melakukan setiap aktifitasnya.

  1. Say no to junk food

Sekarang ini sudah banyak beredar makanan cepat saji seperti nugget, sosis, keripik, fried chicker dll. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut system pencernaan kita akan mengalami kesulitan dalam memproses makanan sehingga menyebabkan kenaikan berat badan. Selain itu junk food juga kurang baik untuk perkembangan anak. Jadi jauhkan makanan jenis ini pada anak ya.

  1. Buat waktu makan lebih menyenangkan

Cara membuat waktu makan lebih menyenangkan seperti makan bersama dengan keluarga, ya minimal satu kali dalam sehari. Karena kebanyakan anak akan mempunyai nafsu makan tinggi ketika ada teman untuk makan. Dengan begitu kita tak perlu repot melakukan berbagai cara agar ia mau makan bukan.

  1. Aktifitas fisik

Jangan pernah ragu melibatkan anak dalam beberapa aktivitas fisik setidaknya satu jam dalam sehari lah. Aktifitas fisik yang dimaksud adalah olahraga seperti jogging, bermain bola, ataupun kegiatan outdoor lainnya. Karena hal ini dapat membantu mereka menghilangkan stress dan kembali prima. Anak yang senang dan ceria, biasanya juga memiliki nafsu mana yang baik. Jangan kawatir bila beraktivitas fisik akan membuat ia jadi kotor. Bunda tinggal siapkan saja produk personal care yang tepat untuk menjaga kebersihanya. Misalnya bunda siapkan perawatan tubuh anak seperti sampo dan body wash DOREMI THOMAS & FRIENDS yang disukai anak. Terutama karena mengandung wangi buah-buahan segar dan memiliki Karakter Thomas & Friends terbaik yang diidolkan Si Kecil.

  1. Hindari makan berlebihan

Memang benar anak-anak dalam masa pertumbuhan memang membutuhkan gizi lengkap serta nutrisi yang tinggi. Tapi bukan berarti kita akan membiarkan anak makan apapun sesuka hatinya guys. jangan biarkan anak makan berlebihan karena akan menyebabkan obesitas dan tidak baik untuk perkembangan.

  1. Resep baru

Terakhir adalah resep baru. Siapa sangka jika alasan anak malas makan adalah karena menu yang itu-itu saja. Jadi sekarang saatnya kita masak dengan resep baru. Dengan begitu nafsu makan anak akan kembali normal seperti sedia kala.

Demikianlah 7 kebiasaan makan sehat yang bisa kita tanamkan pada anak. Semoga berhasil dan see you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *