Mungkin Ini Masalah Kompor Gas yang Anda Alami, Temukan Solusinya


Memasak merupakan kegiatan vital dalam sebuah rumah. Kalaupun Anda memutuskan untuk tidak melakukannya secara mandiri, namun di beberapa kesempatan Anda juga harus berhubungan dengan hal-hal yang berkaitan dengan memasak. Dewasa ini, penggunaan kompor gas menjadi pilihan praktis para ibu di rumah maupun warung-warung makan mulai dari kaki lima hingga resto bintang lima untuk menemani kegiatan mengolah makanan ini.

Selain praktis penggunaannya, akses untuk mendapatkan tabung-tabung gas pun sangat mudah. Namun bukan berarti penggunaan kompor gas menjadi mudah tanpa masalah, berikut beberapa masalah yang mungkin Anda alami ketika berhadapan dengan tabung gas dan membuat Anda harus segera menemui jasa servis kompor gas sebagai solusinya.

  1. Pemantik Api Tidak Berfungsi

Anda mungkin pernah berkali-kali merasakan ketika memutar knop berkali-kali namun tak berefek sama sekali pada kompor gas. Ia tetap bergeming tak menyala, padahal Anda baru saja membeli tabung gas baru. Pemasangan regulator sudah benar. Namun tetap saja tak bisa menyala dan Anda harus memantiknya dengan api dari luar kompor gas itu sendiri. Seperti menggunakan korek atau mengambil api dari sumber lain dengan alat.

Hal itu terlihat sedikit menakutkan. Nah, sebenarnya ada dua hal yang mungkin menjadi penyebab terjadinya hal tersebut. Pertama, pada kompor tanam bisa jadi disebabkan oleh habisnya baterai. Jadi, lakukan penggantian baterai baru. Yang kedua adalah pemantik kompor gas Anda kemungkinan tertutupi lemak dari makanan yang tidak sengaja tumpah. Jika sudah begitu Anda hanya perlu membersihkannya. Akan lebih baik Anda rutin melakukan pembersihan setiap selesai memasak.

  • Kompor Tidak menyala

Kondisi yang bisa terjadi adalah kompor sama sekali tidak menyala setelah Anda mengganti tabung gas baru. Bahkan setelah Anda memantiknya dengan api dari luar. Masalah ini biasanya berkaitan dengan regulator dan pemasangannya. Sebaiknya periksa, guncangkan regulator lalu pasang kembali. Hal ini disebabkan kemungkinan safety ball pada regulator Anda menutupi jalannya gas dari tabung ke tungku.

  • Hanya Menyala Sebagian Tungkunya

Jika tungku kompor gas Anda hanya menyala sebagian, periksalah pengatur udara dalam kompor. Bagian ini seharusnya tertutup akan tetapi saat hal itu terjadi kemungkinan ia dalam keadaan terbuka lebar. Ia bergeser dari kondisi semula mungkin karena terjadi senggolan. Oleh karena itu, periksa dan kembalikan ia pada tempatnya dengan tepat.

  • Nyala Api tidak Biru, Tapi Merah

Iya, seharusnya nyala api pada kompor gas berwarna biru. Namun tak jarang Anda mendapati warnanya menjadi merah. Ketika hal itu terjadi, Anda jangan khawatir. Penyebab terjadinya nyala merah adalah burner yang kotor karena sumbatan sisa-sisa masakan atau minyak. Maka dari itu, lepaslah burner dan bersihkan dengan sikat halus dan cairan pembersih.

  • Oven Kompor Freestanding Rusak

Kompor freestanding adalah kompor dengan bentuk kotak besar dengan banyak tungku sementara bagian bawahnya terdapat oven dan tabung gas. Bila oven kompor ini rusak, kemungkinan penyebab ada 2, bisa karena burner yang kotor seperti masalah sebelumnya. Yang kedua adalah pemantik listriknya rusak. Nah, Anda harus memastikan peralatan ini berfungsi dengan baik, jika tidak, coba bersihkan.

Beberapa hal di atas sangat sering terjadi. Ternyata penyebabnya sepele, ya. Penggunaan kompor gas yang praktis harus dibarengi dengan perawatan kebersihan yang rutin agar tak lagi terjadi masalah-masalah ini. Namun demikian, tak ada salahnya Anda memiliki kekhawatiran bila terjadi sesuatu yang tidak beres.

Kesalahan yang kecil bisa menjadi penyebab masalah besar bila tak diperhatikan, misal Anda membaui gas setelah pemasangan regulator, saat itu jangan nyalakan api dan listrik. Selain itu, bila kompor gas sudah tak dapat Anda tangani sendiri, segera hubungi servis komppor gas dan serahkan urusan kompor Anda pada ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *