Trik Memaksimalkan Fungsi Ruang

Kadang-kadang untuk menyimpan seluruh kebutuhan ke dalam apartemen atau rumah mungil tidak mudah dilakukan. Apabila tetap ingin diterapkan, tampilan interiornya akan memiliki kesan berantakan atau tidak teratur. Terlebih untuk menaruh benda-benda berharga, kecenderungannya pasti memerlukan lahan yang lega. Kemudian, bagaimana trik memaksimalkan fungsi ruang agar semua kebutuhan dapat tersimpan rapi?

Kiat paling cermat ialah dengan membuat bentuk ruang yang multifungsi. Cara paling mudahnya adalah memaksimalkan fungsi ruang dengan menampilkan unsur pendukung seperti kabinet misalnya sebagai tempat penyimpan di bagian tertentu pada ruang.

Untuk menumpahkan ide itu diperlukan ketelitian yang jitu. Jadikanlah setiap jengkal ruang di dalam rumah menjadi ruangan yang multifungsi dan amat bernilai.

Upayakan, satu ruang/kamar mempunyai berbagai fungsi. Misalnya saja, meletakkan tempat tidur lipat pada dinding di area tertentu. Ketika dilipat dan menempel pada dinding, konstruksi tempat tidur lipat ini cuma memerlukan ruang 30 cm.

Menggunakannya juga relatif  mudah, cuma perlu 2 langkah sederhana, maka ruang tersebut mendadak berubah jadi kamar tidur.

Bila Anda mau mencoba untuk menambah banyaknya sofa atau kursi di ruang tamu, pilihlah furnitur yang berdesain fungsional, berarti letak penempatannya gampang disembunyikan sehingga dapat mengirit ruang.

Memaksimalkan fungsi ruang pun dapat dilakukan pada ruang tidur. Dalam desain interior terdapat istilah yang disebut Think Up and Cover yakni menggunakan fungsi ruang melalui sisa ruang yang tak terjamah. Dengan kata lain, pilihlah sudut-sudut ruang khusus yang bisa dibuat menjadi ruang yang fungsional.

Sudut area yang dapat dimanfaatkan seperti pada area di atas pintu. Ruang itu bisa digunakan menjadi storage area atau  media penyimpan. Maksudnya, area yang tadinya tidak teraba/terjamah atau malahan tidak terpikirkan akan menjadi ruang yang fungsional sekarang bisa digunakan sebagai sudut yang fungsional menjadi ruang penyimpan.

Bagian lain yang dapat digunakan ialah ruang tamu. Pada tempat itu Anda bisa menggunakan ruang membuat lantai mezzanine, struktur bisa dimanfaatkan untuk area bersantai. Di bawah struktur bisa diletakkan meja makan yang menyatu dengan ruangan dapur. Supaya nampak lebih lapang dan luas, pemanfaatan cermin barangkali dapat menadi solusi. Penempatan cermin, disamping bisa mengeksplorasi ruangan juga dapat menghasilkan kesan elegan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *